Tim Cook Ke Indonesia, Bakal Buka Apple Store?

Tim Cook Ke Indonesia
Tim Cook (Reuters)

Epiclopedia.ID – CEO Apple, Tim Cook ke Indonesia pada Rabu (17/4/2024) untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Kabarnya, keduanya bertemu untuk membahas soal Investasi di Indonesia.

Sebenarnya Tim Cook sudah sampai di Indonesia sejak Selasa (16/4/2024) dan sempat mengunggah momen kehadirannya di Indonesia di media sosial X (Twitter). Terlihat Tim Cook tengah menyantap Sate dengan konten kreator Sofyan Pratama.

Kehadiran Tim Cook di Indonesia tentu saja langsung mendapatkan antusias dari Netizen Indonesia dan tidak sedikit yang menyampaikan permintaan untuk membuka toko fisik atau Apple Store di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini Apple belum memiliki pabrik dan toko resmi di Indonesia. Sehingga, produk-produk Apple yang dijual di Indonesia disalurkan melalui distributor resmi.

Kehadiran Apple Store di Indonesia pastinya akan membawa keuntungan bagi konsumen, seperti harga produk yang akan jauh lebih murah dan layanan purnajual (after sale) yang lebih baik.

Jokowi desak Apple untuk bangun pabrik

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menuturkan bahwa Indonesia mengimpor sekitar 2,8 juta unit smartphone sepanjang tahun 2023 dan mayoritas adalah produk Apple alias iPhone.

Karena jumlah impor yang cukup tinggi, pemerinta mendesak Apple untuk segera membangun pabrik di Indonesia, desakan ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Pemerintah telah membicarakan hal ini dengan Apple, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu global supply chain di industri teknologi dan hal ini cukup disambut baik oleh pihak Apple.

Namun demikian, kehadiran pabrik Apple di Indonesia masih harus menunggu waktu, sebab masih banyak detail yang harus didiskusikan dengan para pihak terkait.

Share Artikel ini :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments