Epiclopedia.ID

Review Tecno Spark 20, HP 1 Jutaan Fitur Lengkap

Deka Mulyana
Review
13 February 2024
HP NFC Murah Harga 1 Jutaan di 2024
Tecno Spark 20

Epiclopedia.ID – Ini dia Tecno Spark 20, bisa dibilang ini adalah HP pertama yang rilis di Indonesia di tahun 2024, smartphone ini hadir di Indonesia bersamaan dengan Tecno Spark 20C yang lebih murah. Tecno Spark 20 ini memiliki harga Rp1,7 jutaan dan inilah review Tecno Spark 20 yang sudah dirangkum Epiclopedia.ID.

Sekilas Smartphone ini menawarkan spek yang cukup menggoda di kisaran harga 1 jutaan, yang pertama dia sudah punya NFC, layar 90Hz, sudah dual speaker, kamera 50 MP, RAM 8 GB dan storage 256 GB. Namun, bagaimana dengan keseluruhan aspeknya?

Review Tecno Spark 20

Desain & Layar

Pertama kita bahas dari desain dan layarnya terlebih dahulu, secara keseluruhan memang tidak ada yang begitu menarik dari desainnya, saat di pegang sangat terasa kesan polycarbonat atau plastik dikeseluruhan bodinya.

Tapi saya cukup senang dengan kamera depannya yang sudah menggunakan desain punch-hole, untungnya bukan menggunakan model waterdrop. Karena biasanya smartphone kisaran 1 jutaan masih banyak yang menggunakan desain waterdrop.

Di bagian belakang, modul kamera langsung menarik perhatian, selain bentuknya yang sangat besar, susunannya juga mirip sekali dengan iPhone. Memang sudah mulai banyak, HP Android yang menggunakan susunan kamera mirip iPhone.

Tapi untuk bagian belakang bodinya saya cukup suka, yang saya pilih ini adalah varian warna hitam, kalau kalian perhatikan terdapat corak atau pattern yang membuatnya tidak terlihat polos. Di bagian kameranya terlihat menggunakan finishing glossy yang seakan-akan seperti kaca.

Review Tecno Spark 20

Layar

Nah, untuk spek layarnya sendiri, Tecno Spark 20 dibekali panel IPS LCD berukuran 6,6 inch, jadi cukup terbilang standar, saat dipegang tidak terlalu terasa besar.

Resolusinya masih HD+, jadi belum mendukung Full HD+. Untuk kebutuhan sehari-hari, seperti menonton youtube, tiktokan, layarnya ini masih cukup baik. Kecerahan dan ketajamannya juga masih bagus, apalagi refresh rate-nya ini sudah 90Hz.

Saat berada ada dibawah terik matahari juga layarnya masih bisa menampilkan gambar dengan jelas.

Port & Button

Kemudian untuk portnya, di sisi bawah terdapat port USB-C, jack 3,5 mm, dan lubang speaker. Di bagian kanan terdapat tombol volume dan tombol power yang juga bisa digunakan sebagai fingerprint.

Di bagian kiri terdapat wadah SIM Card dan karena sudah dual speaker, di atas terdapat lubang speaker lagi. Kemudian untuk slot SIM nya sudah mendukung triple slot.

Review Tecno Spark 20

Hardware & OS

Lanjut untuk spesifikasi hardware-nya, sebagai dapur pacu, Tecno Spark 20 menggunakan chip MediaTek Helio G85 yang memiliki fabrikasi 12nm, RAM-nya 8 GB plus extended RAM 8 GB dan storage 256 GB dengan jenis masih eMMC.

Cukup wajar, di harga 1 jutaan memang ini sudah termasuk standar dan cukup terbilang bagus untuk kebutuhan normal sehari-hari.

Skor AnTuTu

Skor benchmark AnTuTu-nya ada di angka 270 ribuan, untuk main game ringan seperti Mobile Legend, dan PUBG sudah sangat lancar.

Review Tecno Spark 20

Game: Mobile Legend

Untuk game Mobile Legend, HP ini bisa mendapatkan frame rate High dan grafis Ultra, saya coba memainkan dengan pengaturan ini tidak ada masalah, lancar tidak ada lag. Namun, masalah ada pada suhu, baru dimainkan 10 menit, sudah cukup terasa panas.

Game: PUBG Mobile

Untuk PUBG kita bisa mendapatkan pengaturan grafik Smooth Ultra atau HD High, untuk game ini tidak ada masalah, tidak ada kendala, terbilang lancar, gambar yang dihasilkan juga lumayan bagus.

Game: CarXstreet

Untuk CarXstreet, game ini memang dasarnya cukup berat, ketika di mainkan di HP ini memang experience-nya agak berkurang. Grafiknya juga tidak maksimal, jadi saya tidak terlalu bisa menikmati gamenya.

Baterai

Kemudian untuk baterainya, HP ini dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang menurut saya ini bisa bertahan seharian lebih dalam pemakaian normal.

Untuk charging-nya di angka 18 watt dan saat pengujian charging, bisa dilihat saya melakukan pengisian daya di angka 17% pada pukul 12.57 dan terisi sampai penuh 100%, berada pada pukul 14.57, sehingga membutuhkan waktu 2 jam.

Baterai Tecno Spark 20

Kamera

Lanjut ke bagian kamera, disini jangan terkecoh dengan modul kameranya, Tecno Spark 20 hanya memiliki 2 kamera, yang berada di tengah adalah LED flash.

Kamera utama 50 MP dan satu AI Cam, tapi saya merasa AI Cam-nya ini hanya sebagai pelengkap. Kemudian menariknya, kamera ini mampu merekam video hingga 2K dan untuk fps-nya, semua resolusi mencapai di angka 30fps saja.

Lihat disini untuk hasil foto dan video kamera Tecno Spark 20.

Review Tecno Spark 20

Kesimpulan

Untuk kesimpulannya, seperti yang sudah dijelaskan di awal, Tecno Spark 20 dengan harga 1,7 juta sudah menawarkan banyak keunggulan. Sebut saja seperti fitur NFC, refresh rate layar 90Hz, sudah dual speaker, kamera 50 MP, bisa rekam video hingga 2K, RAM 8 GB dan storage 256 GB.

Tapi secara performa mungkin tidak bisa menangani game dengan grafis tinggi, suhunya juga terbilang cepat panas, jika kalian memiliki aksesoris cooler mungkin bisa cukup membantu atau tergantung suhu ruangan.

Kemudian untuk kamera, memang tidak bisa dibilang bagus, tapi jika hanya untuk sekadar mengabadikan momen saat liburan, ini sudah cukup baik dikelasnya.

Jadi itulah review Tecno Spark 20 dari Epiclopedia.ID dan semoga menjawab semua pertanyaan kalian. Simak juga video review Tecno Spark 20 berikut ini.

Share Artikel ini :

Facebook
Twitter
LinkedIn
Deka Mulyana

Deka Mulyana

Gadget, Technology & Philosophy Enthusiast.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x