iOS 18 Akan Hadirkan Saingan Galaxy AI, Intip Bocorannya

iOS 18 akan hadirkan saingan Galaxy AI
iOS 18

Epiclopedia.ID – CEO Apple Tim Cook sudah memberi sedikit bocoran bahwa iOS 18 akan membawa fitur Generative AI. Yang artinya tentu saja, iOS 18 akan hadirkan saingan Galaxy AI yang sudah hadir di jajaran ponsel flagship Samsung.

Bocoran terbaru mengungkap beberapa fitur AI apa saja yang akan hadir di update IOS 18.

AppleInsider menuturkan bahwa update fitur AI akan menyasar aplikasi seperti Siri, Mail, Safari, Spotlight Search, dan Messages.

Nantinya beberapa fitur AI akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut

iOS 18 akan hadirkan saingan Galaxy AI
iOS 18

Update besar pada Siri

Masih dari laporan yang sama, asisten pintar Siri nantinya akan mendapatkan update fitur AI yang paling besar. Siri akan memiliki kemampuan  untuk menganalisa dan merangkum pesan di aplikasi Messages.

Lalu ada juga fitur bernama ‘Intelligent Search’ yang akan hadir di browser Safari saat update iOS 18 nanti. Fitur ini mampu untuk merangkum halaman website.

Semua fitur AI pada iOS 18 akan berbasiskan large language model (LLM) buatan Apple bernama Ajax. Sebagian besar fitur tersebut juga menjalankan AI on-device yang memungkinkan data pengguna tetap berada di perangkat.

Meski begitu, untuk sejumlah permintaan yang rumit, model AI ini sepertinya akan tetap harus terhubung ke server.

Bekerjasama dengan Google

Sebelumnya juga sempat dikabarnya bahwa Apple sedang mendekati Google dan OpenAI untuk dapur pacu AI di iPhone.

Jika kerjasama ini terwujud, Google atau OpenAI akan menangani fitur AI yang lebih rumit seperti menganalisis teks yang lebih mendalam.

Tim Cook sepertinya sangat optimis dengan kemampuan AI yang akan hadir di jajaran perangkat iPhone, bahkan dia mengatakan bahwa Apple memiliki kelebihan yang membuat fitur AI-nya lebih baik dari kompetitor.

Share Artikel ini :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments