OPPO Jadi Brand HP Nomor 1 di Indonesia, Sepanjang Q1 2024

OPPO A1s dan OPPO A1i
OPPO A1i (Gizmochina)

Epiclopedia.ID – Lembaga riset Canalys baru saja merilis data pangsa pasar smartphone di Indonesia sepanjang kuartal pertama (Q1) tahun 2024. Menariknya, OPPO menduduki posisi pertama.

Hal ini cukup menjadi sorotan, karena saat Q4 2023, OPPO hanya mampu menempati posisi kelima dengan market share 16% dan pertumbuhan tahunan minus 41%.

Namun, selama bulan Januari hingga Maret 2024, OPPO mampu bangkit sehingga berhasil menguasai 21% pangsa pasar.

Dari data yang dirilis oleh Canalys, OPPO mengalami pertumbuhan tahunan sebanyak 15% dibanding tahun lalu, tentu saja ini dampak dari smartphone yang dirilis OPPO selama Q1 2024, sebut saja OPPO Reno 11 Series yang menjadi andalan.

OPPO Jadi Brand HP Nomor 1
Pertumbuhan Pasar HP di Indonesia (Canalys)

Di peringkat kedua, masih ada Xiaomi yang stabil di posisi ini. Memiliki Pangsa pasar 19%, naik dari 18% dari Q4 2023. Sementara pertumbuhan tahunannya mencapai 60%.

Pastinya dampak dari Redmi Note 13 Series yang cukup berkontribusi besar bagi pertumbuhan Xiaomi.

Kemudian, vivo harus rela turun ke posisi tiga dengan pangsa pasar 17%. Sementara Transsion Group (Induk merek Itel, Infinix, dan Tecno) mendapati pertumbuhan tahunan 232%, paling tinggi diantara yang lain.

Secara mengejutkan Samsung harus turun ke posisi lima. Kehadiran Samsung Galaxy S24 Series, Galaxy A55, dan Galaxy A35, ternyata tidak mampu berkontribusi banyak di Indonesia.

Tercatat Samsung mendapati pertumbuhan tahunan di angka minus 7%.

Share Artikel ini :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments