GadgetGameNews

Seperti Inilah Spesifikasi Hardware PlayStation 5

Epiclopedia.ID – Sony resmi mengumumkan kehadiran perangkat PlayStation terbarunya yakni PlayStation 5 sekaligus merilis daftar game yang hadir di PS5. Hadir dalam dua versi, yakni versi reguler dan versi digital, dari kedunya kemungkinan besar spesifikasi hardware PlayStation 5 tersebut sama persis.

Seperti yang diketahui, kedua versi PS5 tersebut pada dasarnya tidak mempengaruhi pengalaman dalam bermain game, hanya saja versi digital tidak dibekali dengan optic disk drive, sehingga pengguna harus memainkan game yang diunduh melalui PS Store.

Dibandingkan dengan PS4, peningkatan spesifikasi PS5 yang cukup signifikan terlihat dari media penyimpanannya yang kini menggunakan SSD ketimbang menggunakan HDD. SSD memang dikenal memiliki kecepatan write/read speed yang jauh lebih kencang dari HDD.

Mark Cerny, selaku Lead System Architect of PlayStation 5 mengatakan bahwa berkat penggunaan SSD, PS5 hanya membutukan waktu 2,5 detik saja untuk memuat game. Adapun kapasitas SSD tersebut seluas 825 GB yang masih bisa diperluas dengan SSD tambahan.

Untuk performanya, PS5 ditenagai prosesor AMD Zen 2 dengan 8 inti berkecepatan 3,5 GHz serta RAM berkapasitas 16 GB (GDDR6/256-bit). Sedangkan untuk kemampuan grafisnya di olah oleh GPU AMD dengan 36 Compute Units (CU) berkecepatan 2,23 GHz dan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops.

Dibandingkan PS4 yang memiliki resolusi mentok hingga 4K, PS5 sudah mendukung resolusi 8K. Kendati demikian, Sony belum mau mengumbah berapa kisaran harga PS5, pihaknya menyebut jika PS5 baru akan tersedia pada akhir tahun 2020 ini

Tags

Deka Mulyana

An Introvert person, web designer & technology enthusiast

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close

Jangan Pakai Adblock!

Matiin Adblock nya dong bro... hehe :)