Hardware & AppsNews

Rumor Snapdragon 875 Muncul, Punya Fabrikasi 5nm?

Snapdragon 875 diperkirakan bakal hadir akhir tahun 2020 ini

Epiclopedia.ID – Setelah tahun lalu meluncurkan Snapdragon 865, sudah dapat dipastikan Qualcomm akan merilis chipset generasi terbarunya di tahun ini, selain Snapdragon 865 Plus, hadir pula rumor Snapdragon 875 yang sudah mulai mencuat. Bocoran mengenai spesifikasi dari chipset kelas atas Qualcomm tersebut bermunculan, salah satunya adalah bakal memiliki fabrikasi 5nm.

Kabar terbaru juga menyebut jika Snapdragon 875 akan membawa modem Snapdragon X60. Namun, belum diketahui secara pasti apakah modem tersebut sudah terintegrasi. Pasalnya, chipset generasi sebelumnya sudah terintegrasi, sehingga tidak menutup kemungkinan Qualcomm bakal menerapkan konsep yang sama untuk generasi prosesor selanjutnya.

Snapdragon 875

Sebelumnya, Snapdragon 865 sudah terintgerasi dengan modem 5G. Akan tetapi banyak pihak yang menyayangkan hal ini, sebab membuat harga chipset ini melambung tinggi. Mengingat infrastruktur jaringan 5G yang masih belum merata, sehingga sebagian besar smartphone yang menggunakan Snapdragon 865 masih akan menggunakan jaringan 4G LTE.

Mengenai spesifikasi dari Snapdragon 875 ini, bakal hadir CPU Kryo 685 berpadu dengan GPU Adreno 660, VPU Adreno 65 dan DPU 1095. Modem yang digunakannya bakal mendukung jaringan mmWave dan sub-6GHz. Dilansir dari Gizmochina (29/6/20), SD875 ini akan dibekali Secure Processing Unit (SPU250), Spectra 580 dan teknologi Snapdragon Sensors Core. Soal konektivitas, chipset gahar ini akan mendukung Wi-Fi 802.11ax, 2×2 MIMO dan Bluetooth Milan.

Hingga saat ini belum diketahui, kapan Snapdragon 875 bakal diluncurkan dan smartphone apa yang akan pertama kali menggunakannya.

Deka Mulyana

An Introvert person, web designer & technology enthusiast

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Jangan Pakai Adblock!

Matiin Adblock nya dong bro... hehe :)