Review POCO X6 5G, HP 4 Juta Paling All Rounded

Review POCO X6 5G
POCO X6 5G (Epiclopedia.ID)

Epiclopedia.ID – Bukan POCO namanya kalau tidak membuat kejutan, mengawali tahun 2024, POCO melanjutkan seri POCO X5 Series dengan merilis POCO X6 dan X6 Pro. Nah, kali ini Saya akan menyajikan review POCO X6, HP 4 jutaan yang bisa dibilang paling all rounded.

Sebagai suksesor dari POCO X5, POCO X6 membawa sejumlah peningkatan yang cukup luar biasa, mulai dari kamera OIS, chipset yang lebih bertenaga, charging yang lebih ngebut dan masih banyak lagi. Berikut ini Epiclopedia,ID sudah merangkum hingga kelebihan dan kekurangan POCO X6.

Review POCO X6 5G

Desain & Layar

POCO X6 hadir dalam dua varian warna, yakni warna hitam dan putih. Unit yang saya miliki ini memiliki warna hitam yang cukup menimbulkan kesan mewah, ditambah dengan finishing glossy pada bagian back cover.

Layar CrystalRes 120 Hz AMOLED

Layar POCO X6 cukup tampil mengesankan dengan panel AMOLED yang sudah mendukung refresh rate 120Hz. Ukuran layarnya 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ (1220 x 2712 pixels) dan kerapatan mencapai 446 ppi, sehingga cukup tajam dan jernih ketika menonton Netflix atau YouTube.

Peningkatan yang cukup signifikan ada pada pelindung layar, jika POCO X5 hanya dilindungi Gorilla Glass 3, POCO X6 sudah membawa Gorilla Glass Victus yang jauh lebih kuat.

POCO sendiri mengklaim layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan layar mencapai 1800 nits, sehingga cukup nyaman ketika digunakan di luar ruangan saat siang hari, tampilan layarnya masih terlihat cukup jelas.

Kemampuan in-display fingerprint yang dibawanya pun cukup menambah nilai lebih HP ini, prosesnya terbilang cepat, tidak ada delay yang begitu terasa.

Bezel Tipis, Desain Serba Flat

Dari desain, POCO X6 tampil dengan desain yang kekinian, bezel-nya cukup terbilang tipis dengan rasio screen-to-body mencapai 89.7%. Ketika digenggam, ponsel ini terasa serba flat dengan bobot 181 gram dan ketebalan 8 mm yang terbilang standar, namun masih terasa nyaman ketika dipegang dengan satu tangan.

Keseluruhan bodinya dibalut bahan plastik, untuk varian warna hitam ini memiliki sentuhan finishing glossy yang membuat tampilan belakangnya seperti cermin yang memantulkan cahaya.

Namun kekurangannya, pada bagian back cover cukup meninggalkan noda bekas sidik jari, sehingga softcase harus tetap digunakan. Sayangnya, di dalam box, kita mendapatkan softcase bewarna abu-abu yang akan membuat casing warna hitamnnya tertutup.

Review POCO X6 5G

Port & Button

Soal port, POCO X6 menawarkan kebutuhan yang cukup lengkap, di bagian bawah terdapat port USB-C, microphone, SIM Tray dan lubang speaker.

Di sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power, sedangkan di bagian atas ada lubang speaker, jack audio 3.5mm, microphone dan sensor IR Blaster (infrared).

Namun sayangnya, POCO X6 tidak menyediakan slot memori eksternal berupa microSD, jadi kita harus puas dengan kapasitas memori penyimpanan yang tersedia.

Review POCO X6 5G

Hardware & OS

Sekarang kita beralih ke sektor performa, POCO X6 cukup menawarkan sisi dapur pacu yang menjanjikan di harga 4 juta dan update OS yang terjamin. Kapasitas RAM yang ditawarkannya 12 GB dan storage 512 GB, hanya ada satu varian memori tersebut yang hadir di Indonesia

HP Snapdragon 7s Gen 2 Pertama Di Dunia

POCO X6 hadir sebagai smartphone pertama di dunia yang ditenagai chipset Snapdragon 7s Gen 2 besutan Qualcomm, chipset mid-range rasa high-end yang memiliki fabrikasi 4nm. Tentu saja akan membuat efisiensi baterai lebih awet seperti kebanyakan smartphone flagship.

Chipset tersebut mampu mencetak skor AnTuTu 580 ribuan yang tentu saja cukup mampu menangani performa ketika bermain game kekinian, apalagi hadir juga fitur Game Boost yang akan semakin mendongkrak kinerja dapur pacu.

Snapdragon 7s Gen 2 memiliki total 8 inti (4×2.40 GHz Cortex-A78 & 4×1.95 GHz Cortex-A55) berpadu GPU Adreno 710 dan didukung Qualcomm AI Engine yang lebih dioptimasi untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis AI.

Tidak hanya itu, kemampuan AI tersebut juga hadir untuk optimasi kamera agar POCO X6 mampu menghasilkan kualitas jepretan foto atau video yang lebih tajam dan terang.

Sudah Dapat Update HyperOS

Unit yang saya milikinya ini sudah mendapatkan update HyperOS, namun bagi kalian yang belum kunjung mendapatkan update, tidak usah khawatir karena artinya masih harus menunggu antrian.

Review POCO X6 5G

Baterai Cukup Awet, Pengecasan Cepat

Kapasitas baterai 5.100 mAh berpadu dengan chipset yang memiliki fabrikasi 4nm membuat daya tahan baterai POCO X6 ini sangat mengesankan, pemakaian sehari-hari diselingi bermain game, baterainya mampu bertahan seharian atau paling tidak hanya perlu pengecasan sekali saja dalam sehari.

Kemampuan charging 67 watt juga menjadi salah satu keunggulan POCO X6. Saat pengujian, saya melakukan charging dari baterai tersisa 8% dan sampai penuh 100% hanya membutuhkan waktu 43 menit saja.

Baterai POCO X6

Game: Genshin Impact

Pada pengujian game, untuk Genshin Impact pengaturan grafis tertinggi (highest), rata-rata FPS yang didapat sekitar 20-30 fps. Namun kendala ada pada suhu yang ternyata peningkatan suhu cukup signifikan meski baru dimainkan selama 10 menit.

Alhasil, ketika pengaturan grafis diturunkan ke medium dan lowest, FPS yang dihasilkan menjadi drop dan masih stabil di angka 20-30 fps. Saya sangat menyarankan penggunaan pendingin (cooler) ketika memainkan game berat di HP ini.

Game: CarX Street

Untuk pengujian game CarX Street pada pengaturan grafis tertinggi (rata kanan), hanya mampu mendapatkan FPS di angka 15-20 saja, sementara pada pengaturan medium (rata tengah), meningkat menjadi sekitar 30 FPS.

Sedangkan pengaturan grafis paling rendah (rata kiri), mampu mendapatkan FPS di angka 30-40. Sehingga jika ingin memainkan game ini dengan lancar, pengaturan rata kiri adalah rekomendasi yang paling pas, namun mengorbankan kualitas grafis.

 

Gaming Test POCO X6

Game: Mobile Legend

Selanjutnya pada pengujian Mobile Legend, kita bisa mendapatkan pengaturan grafis dengan Frame Rate Super dan Graphics Ultra. Rata-rata FPS yang didapatkan adalah 60 dan secara keseluruhan game ini bisa dijalankan dengan lancar.

Game: PUBG

Pada pengujian game PUBG, untuk pengaturan grafis Smooth-Ultra kita mendapatkan FPS 60 dan untuk pengaturan grafis HDR-High kita mendapatkan rata-rata FPS di angka 40.

Gaming Test POCO X6

Simak juga video pengujian test gaming POCO X6 5G berikut ini.

Kamera

Sektor kamera menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki POCO X6 karena cukup meningkat signifikan dibanding pendahulunya POCO X5.

Kali ini POCO membekali kamera utama 64 MP dengan fitur stabilisasi OIS, kemudian ditemani lensa 8 MP Ultrawide dan 2 MP Macro. Sementara di bagian depan tersemat kamera selfie 16 MP.

Kemampuan rekaman videonya mampu merekam hingga resolusi 4K dengan 30fps, kemudian 1080p dengan 30/60fps dan 720 dengan 30fps.

Namun, kemampuan OIS yang dimilikinya saya rasa masih kurang maksimal karena terkadang cukup terasa guncangan jika dibawa berjalan. Tapi tenang saja karena ada fitur Steady Video yang membuat stabilisasi semakin bagus.

Review POCO X6 5G

Hasil Foto Kamera POCO X6 5G

Berikut ini adalah beberapa hasil jepretan kamera POCO X6 dan untuk hasil rekaman videonya, kalian bisa lihat melalui tautan berikut ini.

no images were found

Review POCO X6 5G

Kelebihan dan kekurangan POCO X6 5G

Setelah menyimak review POCO X6 5G, berikut ini adalah kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dari POCO X6 5G.

Kelebihan:

  • Layar AMOLED 120Hz
  • Sudah HyperOS
  • Performa cukup mumpuni
  • Dilengkapi anti air dan debu IP54
  • Baterai awet & charging ngebut
  • Kamera 64 MP OIS
  • Layar dilindungi Gorilla Glass Victus
  • Stereo speaker dengan dukungan Dolby Atmos

Kekurangan:

  • Tidak ada slot microSD
  • Suhu terasa cepat panas ketika main game berat
  • Kestabilan rekaman video/OIS pada kamera belum terlalu maksimal

Harga dan Spesifikasi POCO X6 5G

  • Layar: AMOLED, 6.67 inci, Full HD+, 120Hz, Gorilla Glass Victus, 1800 nits
  • Chipset: Snapdragon 7s Gen 2 (4nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.40 GHz Cortex-A78 & 4×1.95 GHz Cortex-A55)
  • RAM: 12 GB LPDDR4X
  • Storage: 512 GB UFS 2.2
  • GPU: Adreno 710
  • Kamera Belakang: 64 MP OIS + 8 MP Ultrawide + 2 MP Macro
  • Kamera Selfie: 16 MP
  • Baterai: 5.100 mAh
  • Charging: 67 Watt Fast Charging
  • Speaker: Stereo Speaker
  • Konektivitas & Fitur: 5G, Bluetooth 5.2, NFC, GPS, IR Blaster, in-display fingerprint, IP54
  • Harga POCO X6 5G: Rp3.999.000 (SRP)

Itulah review POCO X6 5G yang sudah saya rangkum dan secara keseluruhan, POCO X6 sangat cocok bagi kalian yang sedang mencari smartphone all rounded dengan budget maksimal Rp4 juta. Simak juga video review POCO X6 5G berikut ini.

Share Artikel ini :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments