Review Infinix Zero 5G 2023: Spek Bertanaga, OS Kurang Matang

Infinix Zero 5G 2023
Infinix Zero 5G 2023

Epiclopedia.ID – Infinix Zero 5G 2023 ini, di harga 3 jutaan HP ini memang cukup menawarkan performa yang lumayan handal, cukup bersaing melawan kompetitor-kompetitor di kelasnya, tapi disini kita juga akan bahas kekurangan dari HP ini yang harusnya menjadi catatan penting bagiInfinix. Dan langsung saja, inilah review Infinix Zero 5G 2023 atau pengalaman saya selama menggunakan HP ini.

Infinix Zero 5G 2023

Layar & Body

Layar

Okay seperti biasa kita akan bahas dari segi layar dan desain terlebih dahulu, layar HP ini masih menggunakan panel IPS, padahal banyak yang mengharapkan di harga 3 jutaan, sudah pakai panel AMOLED, tapi menurut saya tidak masalah, karena refresh rate 120Hz nya ini sudah bikin nyaman.

Untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari, membuka sosmed untuk nonton video atau film, bagi saya sudah cukup. Bagi kalian yang hobi main game, juga terbilang cocok karena ukuran layarnya yang tergolong lebar.

Desain

Dari segi desain, tampilan belakang HP ini menurut saya sangat cantik, meski seluruh bodinya ini masih dibalut bahan polycarbonat alias plastik, tapi berkat finishing glossy, membuat HP ini terlihat elegan, hanya saja ketika dilihat pada bagian kamera, langsung mengingatkan saya dengan kamera OPPO Find X5, karena sedikit mirip dengan efek embos yang agak menonjol pada modul kamera.

Port

Di bagian bawah kita akan menemukan lubang USB Type-C, Jack 3,5mm, dan lubang speaker. Oh ya, di Indonesia ternyata Infinix memberikan fitur NFC, karena setau saya, versi India fitur NFC tersebut dihilangkan.

Lalu untuk SIM Cardnya sendiri bukan Hybrid, sehingga kita bisa menggunakan microSD dan SIM 2 nya secara bersamaan. Kemudian, di bagian samping ada Fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power.

Infinix Zero 5G 2023

Performa & OS

Hardware & AntuTu

Sekarang kita beralih ke bagian performa, berkat tandeman chipset Dimensity 900 dan RAM 8 GB, membuat HP ini lumayan “ngebut” untuk bermain game sebenarnya, skor pengujian benchmark AnTuTunya ada di angka 470 ribuan, untuk main game-game mainstream seperti Mobile Legend, AOV, PUGB sudah lancar pastinya.

Game: CarX Street

Namun, disini saya menguji dengan game yang lumayan berat, pertama saya coba main CarX Street, game ini memiliki kualitas grafik yang memang bagus dan ternyata cukup lancar dimainkan di Infinix Zero 5G ini meski tidak bertahan lama, karena baru sekitar 10-20 menit dimainkan, HP ini sudah berasa panas dan FPS-nya langsung drop.

Game: Genshin Impact

Kemudian, saya memainkan Genshin Impact, game yang lumayan terkenal berat dan memakan bnyak memori ini hanya bisa dapat settingan graphic Low, tidak terlalu lancar dan kualitas grafiknya juga tidak terlalu bagus, jadi secara experience bagi saya sih agak kurang puas.

Jadi untuk main game yang berat sepertinya memang kurang memadai, kemudian untuk baterainya sendiri 5.000 mAh yang sanggup bertahan seharian pemakaian normal, untuk main game juga lumayan awet dan charging 33W dirasa sudah cukup cepat.

Antarmuka/XOS

Mungkin satu hal yang masih agak kurang saya suka dari HP Infinix yaitu dari UI atau antarmukanya, XOS nya ini menurut saya masih butuh banyak dibenahi, karena dari pengalaman pengguna yang pernah menggunakan HP Infinix, banyak yang mengeluh dari UI nya ini.

Dan yang saya alami pun sama, ada satu Bug yang masih sering muncul, saat akan hendak memasukan PIN untuk membuka layar, angka nol dan delete tidak bisa ditekan/tidak berfungsi, alhasil solusinya harus menggunakan pola atau jika tetap mau menggunakan PIN, harus menghindari angka nol. Catatan penting untuk Infinix, secara spek sudah mantap, hanya saja UI-nya yang harus terus di improve.

Infinix Zero 5G 2023

Kamera

Beralih ke sektor kamera, kita disuguhkan tiga kamera, dengan konfigurasi 50 MP lensa utama, 2 MP Depth dan 2 MP Macro, sangat disayangkan karena dengan harga 3 jutaan, Infinix tidak menyediakan lensa Ultrawide.

Karena dibanding dengan lensa Macro yang saya rasa hampir tidak pernah dipakai, lebih baik menyediakan lensa Ultrawide yang fungsinya memang membantu sekali. Kamera depannya memiliki resolusi 16 MP dengan model punch hole. Untuk hasil foto dan videonya langsung aja deh, kalian bisa liat hasilnya berikut ini.

Secara keseluruhan, kualitas kameranya memang standar, tapi dibilang jelek juga tidak, untuk sekadar mengabadikan momen-momen berharga ketika liburan sudah cocok.

Foto Kamera Infinix Zero 5G

Image 1 of 6

Kesimpulan review Infinix Zero 5G 2023

Kesimpulan dari Infinix Zero 5G 2023 ini, untuk yang mengejar performa, Infinix Zero 5G 2023 ini terbilang cocok, namun bukan untuk pemakaian yang terlalu berat. Desainnya terlihat stylish untuk di bawa kemana2.

Dan secara fitur juga sudah lengkap, dilengkapi NFC, baterai awet, layar 120Hz, storage 256 GB, meskipun disamping itu juga ada kekurangan, tidak ada kamera Ultrawidenya, XOS-nya yang masih perlu dibenahi, main game berat tidak terlalu disarankan karena ternyata suhu HP ini lumayan cepat panas.

Jadi, semuanya sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing. Kalau kalian ada pendapat atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dan semoga pembahasan review Infinix Zero 5G 2023 kali ini bermanfaat.

Share Artikel ini :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Artikel Terkait

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments