Review

Review vivo V19, Cuma Penyegaran dari Seri Sebelumnya?

Epiclopedia.ID – Vivo kembali melanjutkan tren seri V melalui vivo V19 yang sejatinya merupakan penerus dari vivo V17 Pro. Sudah seharusnya ponsel ini memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari seri sebelumnya, namun nyatanya tidak banyak perubahan yang terjadi. Simak Review vivo V19 selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi vivo V19

Aspek Spesifikasi
Layar Super AMOLED, 6,44 inch, Full HD+
Dimensi/Berat 159 x 74.2 x 8.5 mm/176 g
Konektivitas Bluetooth 5.0, USB-C, Dual SIM, GPS, WiFi, 4G LTE
Kamera
  • 48 MP, f/1.8
  • 8 MP, f/2.2 (ultrawide)
  • 2 MP, f/2.4 (Macro)
  • 2 MP, f/2.4 (Depth)
Selfie 32 MP, f/2.5
OS Android 10, Funtouch OS 10
Chipset Snapdragon 675 (11 nm)
CPU Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold
& 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)
GPU Adreno 612
Memori RAM 8 GB, ROM 128 GB/256 GB
Baterai Li-Po 4.500 mAh, Charging 18W

Isi Box vivo V19

Kita mulai dari melihat isi box, berikut ini adalah yang akan kita dapatkan dari isi box vivo V19.

  • Kartu garansi
  • Panduan
  • Earphone
  • Kabel USB Type-C
  • Jellycase
  • SIM Ejector
  • Kepala Charger 18W
  • Satu unit vivo V19
[ngg src=”galleries” ids=”1″ display=”basic_thumbnail” thumbnail_crop=”0″]

Desain & Layar

vivo v19

Varian warna arctic blue yang mengemas bodi belakang vivo V19 ini cukup menarik dan terlihat cantik warnanya. Tapi saat kita pegang bagian belakang bodinya ini, sangat terasa sekali jika bodi ponsel ini bukan terbuat dari bahan kaca, ceramic, ataupun alumunium, tetapi dari bahan polycarbonate.

Untuk kalian yang belum tahu, polycarbonate adalah sejenis plastik, sehingga dengan harga Rp4 jutaan, ponsel ini tidak terasa layaknya ponsel kelas menengah saat di genggam. Bentangan dimensinya seluas 159 x 74.2 x 8.5 mm, dan bobot 176 gram, masih cukup terasa nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Sementara lekukan pada framenya dari bahan alumunium.

vivo v19

Ukuran layar membentang seluas 6,44 inci dengan resolusi Full HD+ dan panel Super AMOLED, dibarengi gamut warna DCI-P3 100%. Terdapat teknologi E2 yang mampu menyerap 42% cahaya biru dan tidak ketinggalan fitur anti-flickering, sehingga mata kita tidak mudah lelah ketika menatap layar ponsel dalam jangka waktu yang lama.

vivo v19 juga mengusung layar punch-hole atau vivo menyebutnya dengan istilah Ultra O-Screen untuk penempatan kamera depannya di pojok kanan atas. Diklaim, ukuran lubang tersebut adalah yang paling kecil jika dibandingkan para pesaingnya, yaitu hanya berdiameter 2,98 mm saja.

vivo v19

Di bagian belakang, tepat di pojok kiri atas ada modul kamera yang bentuknya persegi panjang, sepertinya bentuk model kamera seperti ini memang sedang tren. Pada modul terdapat empat kamera belakang dan LED flash. Kemudian di sisi kanan terdapat tombol power dan volume, di bagian bawah ada lubang jack audio 3.5mm, port USB Type-C, microphone, dan lubang speaker.

vivo v19

Di sisi kiri kita akan menemukan SIM tray yang mengusung triple slot, sehingga kita bisa menggunakan dual SIM card dan microSD untuk memperluas kapasitas memori penyimpanan.

vivo v19

Performa & OS

vivo v19

Dari segi performa tidak ada yang terlalu mengejutkan, vivo V19 masih menggunakan chipset Snapdragon 675 AIE yang memiliki fabrikmasi 11 nm, artinya, masih sama dengan sang adik vivo V17 Pro. Hasil benchmark menggunakan AnTuTU versi 8.3.1 menunjukan skor 239 ribuan.

Meski tidak ada peningkatan dari segi SoC yang digunakan, namun untuk kebutuhan bermain game, seperti PUBG, COD Mobile atau Mobile Legend sudah cukup mumpuni dan kita akan mendapatkan settingan grafik yang baik.

Adapun kapasitas memori RAM yang dimilikinya yaitu 8 GB dengan dua varian memori penyimpanan, yaitu 128 GB dan 256 GB. Sementara untuk kapasitas baterai, kita akan mendapati baterai 4.500 mAh dengan pengisian daya melalui port USB-Type-C, dengan fitur fast charging 9V/2A 18 Watt. Baterai ponsel ini bisa terisi hingga 60 persen dalam waktu 50 menit.

vivo v19

Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 10 dengan antarmuka Funtouch OS 10. Cukup beragam fitur yang hadir pada UI ini, seperti Ultra Game Mode, Motorbike Mode, dan AI Jovi. Antarmuka buatan vivo ini terlihat memang semakin menarik dan cukup nyaman meskipun digunakan oleh pemula sekalipun.

Jika kita melihat lebih dalam ke menu Shortcut and Accessibility, terdapat fitur-fitur seperti Smart Motion, Smart Click, Easy Touch, Face Beauty for Video Call (kalian bisa terlihat cantik saat sedang video call), dan One-handed.

Kamera

vivo v19

Sekarang kita beralih ke sektor fotografi, ada empat pengaturan kamera belakang, masing-masing 48 MP f/1.8 sebagai kamera utama, 8 MP, f/2.2 berkemampuan ultrawide selebar 120 derajat, 2 MP, f/2.4 macro, dan 2 MP, f/2.4 depth sensor.

Jika diperhatikan, berasaran resolusi kamera vivo V19 ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan vivo V17 Pro. Alih-alih menggunakan lensa macro, V17 Pro menawarkan lensa telephoto beresolusi 12 MP dengan kemampuan 2x optical zoom.

Namun hal ini sepertinya bukan masalah serius, pasalnya seberapa sering pengguna akan memanfaatkan kamera telephoto dalam kegiatan sehari-hari. Kami yakin pada kamera vivo V19, pengguna akan sangat jarang menggunakan lensa macro dan depth.

Sementara untuk kebutuhan selfie, vivo membenamkan kamera beresolusi 32 MP yang mengusung fitur utama Super Night Selfie. Tentu saja penurunan spek jika dibandingkan dengan vivo V17 Pro yang mengusung dual kamera selfie pop-up. Langsung saja berikut ini adalah hasil jepretan dari kamera vivo V19.

Wide
Bokeh
Macro

vivo v19 Camera

vivo v19 Camera

vivo v19 Camera

vivo v19 Camera

vivo v19 Camera

vivo v19 Camera
Kondisi di dalam ruangan minim cahaya

Untuk urusan video, vivo V19 mampu merekam video dengan resolusi 720p, 1080p dan 4K, namun khusus resolusi 4K hanya mendukung frame rate 30fps saja, untuk resolusi lainnya mendukung 60 fps. Fitur slow motion mengantungi frame rate 120fps dan 240fps dengan resolusi 720p saja.

Sedangkan perekaman video kamera selfie mampu merekam di resolusi 720p dan 1080p dengan frame rate 30fps.

Fitur Lain

vivo v19

Untuk keamanannya terdapat fingerprint yang sudah in display, selain itu kita juga bisa juga menggunakan face unlock sebagai alternatif. Hadir juga menu bernama Dynamic Effect khas Funtouch OS, disini cukup banyak efek-efek yang bisa kita aplikasikan, contohnya ada ambient light, fingerprint animation, facial animation, charging animation, insert USB animation, dan screen on/off animation.

Untuk kalian yang hobi bermain game tersedia juga Ultra Game Mode, disini diseriakan fitur-fitur penunjang saat bermain game agar tidak terganggu, contohnya seperti memblock notifikasi dan mereject panggilan.

Smart asisten buatan vivo yang bernama Jovi juga tidak kalah menarik, salah satu fiturnya adalah jovi vision, fitur ini bisa mendeteksi produk dengan memanfaatkan kamera, setelah itu Jovi akan memberi suggest nama produk tersebut sekaligus e-commerce pembelian produk tersebut,, tetapi tingkat keakuratannya tidak tepat 100%.

Kesimpulan

vivo V19 ini terbilang serba nanggung, karena memang tidak memiliki perubahan yang signifikan dari sang pendahulu vivo V17 Pro, namun smartphone ini masih terbilang cocok untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari yang tidak terlalu berat.

Akan tetapi dengan harga Rp4 jutaan, tentu saja vivo V19 punya banyak sekali saingan yang menawarkan SoC lebih tinggi. Namun, membicarakan smartphone memang tidak harus melulu tentang chipset, kualitas kamera, khususnya kamera depan vivo V19 patut di acungi jempol, jadi bagaimana menurut kalian?

Deka Mulyana

An Introvert person, web designer & technology enthusiast

Leave a Reply

Back to top button

Jangan Pakai Adblock!

Matiin Adblock nya dong bro... hehe :)