Review

Review Samsung Galaxy M10, HP 1 Jutaan yang “Kekinian”

0
Review Samsung Galaxy M10,spesifikasi Samsung Galaxy M10,harga Samsung Galaxy M10,jual Samsung Galaxy M10
Samsung Galaxy M10

Epiclopedia.ID – Samsung bisa dibilang sedang turun gunung, pasalnya lewat Galaxy M Series, Samsung menawarkan jajaran smartphone murah dengan spesifikasi unggulan. Kali ini saya berkesempatan untuk melakuan review Samsung Galaxy M10, dimana ponsel ini adalah varian paling rendah dari Galaxy M Series lainnya.

Sebelumnya Galaxy M20 sudah resmi di Indonesia dengan banderol harga Rp 2 jutaan, kini giliran Galaxy M10 dengan harga yang lebih menggoda. Hanya dengan Rp 1 jutaan, kita sudah bisa membawa pulang smartphone Samsung yang cukup menarik ini. Kenapa menarik? karena jarang sekali Samsung menjual ponsel sejutaan dengan desain yang “kekinian”.

Review Samsung Galaxy M10

DESAIN & LAYAR

Layar PLS TFT 6,2 inci, Tampak Luas dan Lebar

Review Samsung Galaxy M10,spesifikasi Samsung Galaxy M10,harga Samsung Galaxy M10,jual Samsung Galaxy M10

Samsung Galaxy M10 (Epiclopedia/Deka Mulyana)

Kesan pertama saya dengan Samsung Galaxy M10 ini cukup terkesan dengan desainnya, dengan harga Rp 1 jutaan ponsel ini memiliki desain yang cukup stylish, bezel yang tipis dan mengusung desain Infinity-V. Hanya saja hal ini bukanlah inovasi baru, jajaran ponsel lain dikelasnya sudah melakukan hal yang demikian.

Sebut saja Realme 3, Oppo A5s, dan Redmi 7 yang akan menjadi penantang kuat Galaxy M10. Samsung Galaxy M10 hadir dengan layar 6,2 inci dengan panel TFT PLS dan beresolusi HD+, tampilan layarnya cukup jernih meskipun tidak bisa dibilang terlalu tajam. Namun untuk kebutuhan multimedia atau bermain game, masih cukup terlihat oke, hanya saja kekurangannya tidak memiliki Auto Brightness.

Saat digenggam ponsel ini memang terasa tipis dan ringan, namun cukup terasa lebar saat di genggam dengan satu tangan. Mungkin akan terasa sedikit mengganjal ketika di masukan ke dalam saku celana. Ketebalannya sendiri mencapai 7,7 mm dan bobotnya seberat 163 gram.

Desain Infinity-V dan Kekinian

Samsung menyebut notch atau poni tersebut dengan istilah Infiniti-V, karena membentuk seperti huruf V. Namun pada dasarnya bentuk poni tersebut tidak ada bedanya dengan poni waterdrop yang pertama kali diperkenalkan oleh Oppo F9.

Bodi Belakang Plastik

Dari tampak belakang kita akan langsung tahu jika bodi belakang ponsel ini dibalut dengan bahan plastik, meskipun hal tersebut tidak mengurangi kesan elegan ponsel ini. Sekilas sangat mirip dengan Samsung Galaxy M20, hanya saja bedanya Galaxy M10 tidak memiliki sensor pemindai sidik jari.

Di bagian pojok kiri bawah terdapat lubang speaker yang menurut saya letaknya cukup unik. Sementara penempatan kamera berada di pojok kiri atas dengan posisi vertikal dan di akhiri dengan LED Flash di urutan paling bawah.

HARDWARE & SOFTWARE

Bertenaga Exynos 7870, skor AnTuTu “Standar”

Review Samsung Galaxy M10,spesifikasi Samsung Galaxy M10,harga Samsung Galaxy M10,jual Samsung Galaxy M10

Skor AnTuTu Samsung Galaxy M10 (Epiclopedia/Deka Mulyana)

Di sektor performa, Galaxy M10 memiliki jeroan yang tidak terlalu tinggi, namun sokongan prosesornya cukup handal. Berbekal chipset Exynos 7870 yang di dalamnya terbenam CPU octa-core berkecepatann 1,6 GHz. Bisa dibilang chip ini adalah saingan berat Snapdragon 625 yang memiliki performa mewah, namun untuk smartphone “murah”.

Untuk skor AnTuTu yang dihasilkan Galaxy M10 ini tidak terlalu tinggi, yaitu 60 ribuan. Meskipun chipset yang digunakannya sudah cukup handal dikelasnya, namun mengingat ponsel ini hanya dibekali RAM berkapasitas 2 GB dan GPU single-core Mali-T830 MP1, sehingga tidak terlalu menghasilkan performa yang cukup powerfull.

Kapasitas memori penyimpanannya 16 GB dengan memori efektif hanya 12 GB. Namun tenang saja, karena masih bisa diekspansi lagi menggunakan microSD. Untuk aktivitas seperti browsing, multitasking dan kebutuhan ringan lainnya Galaxy M10 mampu menyajikan performa yang terbilang baik, namun tidak untuk bermain game berat.

Lancar Untuk Game Ringan, Low Graphic untuk PUBG

Review Samsung Galaxy M10,spesifikasi Samsung Galaxy M10,harga Samsung Galaxy M10,jual Samsung Galaxy M10

Setting low graphic untuk game PUBG

Untuk memainkan game standar yang tidak membutuhkan kinerja grafis tinggi, Samsung Galaxy M10 masih mampu melahap game-game tersebut dengan baik. Saya mencobanya untuk bermain Mobile Legend dan Arena of Valor (AoV), tidak ada kendala dalam memainkan kedua game tersebut pada mode settingan graphic high.

Namun menjadi kendala saat memainkan PUBG, secara otomatis settingan graphic untuk game ini ada di mode low dan ketika dimainkan memang tidak terlalu lancar, masih terasa adanya lag. Hal ini juga berlaku saat saya mencoba memainkan Ashpalt 9, meskipun masih bisa dimainkan dengan lancar, namun lag tetap selalu muncul.

Review Samsung Galaxy M10,spesifikasi Samsung Galaxy M10,harga Samsung Galaxy M10,jual Samsung Galaxy M10

Memainkan Game PUBG

Android Oreo plus Experience 9.5 khas Samsung

Sistem operasi yang dijalankan oleh Galaxy M10 ini belum Android 9 Pie, melainkan masih Android 8.1 Oreo berbalut UI Experience 9.5 yang sudah menjadi ciri khas Samsung. Tidak menutup kemungkinan ponsel ini akan mendapatkan update versi Android yang lebih baru di kemudian hari.

Daya Tahan Baterai Memuaskan

Yang cukup menarik lainnya adalah dari sektor baterai. Berbekal sokongan daya 3.400 mAh berjenis Li-Ion, Galaxy M10 mampu menemani aktivitas kita seharian dalam pemakaian normal. Kemampuan daya tahan baterainya cukup handal, mengingat Samsung memang memasang tagline “Sobat Anti Lowbat” dan tagline tersebut sepertinya memang bukan sekedar jargon belaka.

KAMERA

Review Samsung Galaxy M10,spesifikasi Samsung Galaxy M10,harga Samsung Galaxy M10,jual Samsung Galaxy M10

Kamera Galaxy M10 (Epiclopedia/Deka Mulyana)

Hasil Jepretan Kamera Belakang

Di kelas ponsel Rp 1 jutaan, Galaxy M10 dirasa sudah cukup menyajikan kualitas kamera yang menawan, meskipun “tidak terlalu bagus-bagus banget”. Di bagian belakang bodi kita akan menemukan dual kamera 13 MP f/1.9 dan 5 MP f/2.2 sebagai lensa ultra-wide.

Memotret di tempat dengan kondisi cahaya yang cukup, hasil jepretan kamera Samsung Galaxy M10 ini cukup memberikan hasil yang memenuhi standar HP 1 jutaan. Namun kendala akan kita temui saat memotret di tempat yang minim cahaya, seperti di dalam ruangan, atau di malam hari.

Lalu hadir juga fitur Live Focus untuk memotet dengan efek blur pada background, Panorama, Sticker, HDR, dan Beauty. Namun kekurangan kamera Galaxy M10 ini adalah tidak dibekalinya fitur stablizer seperti EIS atau OIS, sehingga ketika merekam video akan terasa sekali getaran yang akan dirasakan.

Hasil Jepretan Kamera Depan

Kendala yang sama juga dialami oleh kamera depan, kamera tersebut memiliki resolusi 5 MP dan cukup menghasilkan foto yang baik saat memotret di luar ruangan dengan kondisi cahaya yang cukup. Namun kualitas foto selfie tidak terlalu membuat saya terkesan saat berada di dalam ruangan atau kondisi yang minim cahaya.

KONEKTIVITAS & FITUR LAIN

Triple Slot (Dual SIM Card & MicroSD)

Review Samsung Galaxy M10,spesifikasi Samsung Galaxy M10,harga Samsung Galaxy M10,jual Samsung Galaxy M10

Triple Slot (Dual SIM Card & MicroSD

Salah satu kelebihan lain Galaxy M10 ini adalah sudah dibekali dual slot SIM card dan microSD yang terpisah alias bukan hybrid, sehingga kita bisa menggunakan slot SIM 2 dan microSD secara bersamaan.

Fitur Keamanan

Kekurangan yang saya rasakan dari Galaxy M10 ini yaitu tidak dilengkapi sensor fingerprint. Sebagai gantinya Samsung membekali fitur Face Unlock yang sudah terintegrasi dengan kamera depan, tapi saya tidak terlalu suka menggunakan fitur ini, apalagi setelah saya coba, kemampuan face unlock tidak bekerja dengan optimal ketika di dalam ruangan.

Jaringan, Konektivitas dan fitur lain

Pastinya Samsung Galaxy M10 sudah mendukung jaringan 4G LTE dan WiFi. Lalu untuk fitur konektivitas lainnya mencakup Bluetooth 4.2 dengan teknologi A2DP, GPS, port microUSB, dan Radio FM sebagai hiburan. Tentu saja belum ada fitur NFC dan USB Type-C.

KELEBIHAN & KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY M10

KELEBIHAN KEKURANGAN
  • Layar besar, cukup terang dan jernih
  • Desain sudah modern
  • Bodi tipis dan ringan
  • Prosesor cukup mumpuni
  • Lancar bermain game ringan
  • Triple slot
  • Jepretan kamera cukup baik pada kondisi cahaya yang cukup
  • Daya tahan baterai memuaskan
  • Yang pastinya harga murah
  • Bodi dari bahan plastik
  • Tidak ada fingerprint
  • Face Unlock kurang bekerja maksimal pada kondisi minim cahaya
  • Experience yang kurang memuaskan untuk bermain game berat
  • Jepretan kamera kurang bagus pada kondisi cahaya yang minim/malam hari
  • Hanya dibekali memori 2 GB/16 GB
  • Tidak ada Auto Birghtness

Harga Terbaru Samsung Galaxy M10

DATA HARGA
Harga Samsung Galaxy M10 Baru Rp 1.700.000,- (2/16GB)
Update Harga Samsung Bulan Ini Cek Disini
Beli HP Samsung Termurah Beli Disini

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy M10

DATA SPESIFIKASI
SIM Dual-SIM (Nano-SIM)
Layar PLS TFT 6.22 inci HD+ (720 x 1.520 piksel , rasio 19:9, 227 ppi
Dimensi/Berat 155.6 x 75.6 x 7.7 mm/163 gram
Konektivitas Bluetooth 4.2, A2DP, GPS, Radio FM, microUSB 2.0
Internet 4G LTE, 3G HSPA, WiFi
Kamera Belakang
  • 13 MP, f/1.9, 1/3.1″, 1.12┬Ám, PDAF
  • 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
Kamera Depan 5 MP, f/2.0
Sistem Operasi Android 8.1 (Oreo), Experience 9.5
Chipset Exynos 7870 Octa (14 nm)
Prosesor Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T830 MP1
Memori 2 GB RAM, 16 GB Storage, microSD up to 512 GB
Baterai Li-Ion 3.400 mAh

Kesimpulan Review Samsung Galaxy M10

Menurut saya, Samsung Galaxy M10 cukup menawarkan kelebihan dan kekurangan tersendiri bagi HP 1 jutaan. Dari segi desain, performa, dukungan konektivitas dan kualitas kamera sebenarnya sudah sangat memenuhi kebutuhan standar smartphone di kelasnya.

Untuk pemakaian ringan, kebutuhan normal, dan sekedar hiburan, Galaxy M10 sudah sangat cocok bagi kalian. Namun bagi kalian yang menginginkan smartphone dengan performa yang lebih tinggi dan pengalaman yang lebih memuaskan, mungkin kalian bisa melirik Galaxy M20.

Oke, cukup sekian review Samsung Galaxy M10 kali ini, jangan lupa tonton video review dan unboxing Samsung Galaxy M10 di YouTube Epiclopedia.

Video Review Samsung Galaxy M10

Video Unboxing Samsung Galaxy M10

Deka Mulyana
An Introvert person, web designer & technology enthusiast, very happy to write for various knowledge.

Samsung Galaxy Note 10 Punya Versi Mini yang Lebih Murah

Previous article

Bocoran Spek ASUS Zenfone 6 Terungkap di Benchmark

Next article

You may also like

Comments

Leave a Reply