Education

Mengenal dan Membedakan Jenis Layar Smartphone

0
Jenis Layar Smartphone,Harga HP Xiaomi terbaru Juli 2019,HP Xiaomi Harga 2 Jutaan Terbaik 2019
Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Epiclopedia.ID – Industri smartphone saat ini semakin ramai, berbagai macam jenis smartphone dengan segudang fitur yang unik dan menarik telah disuguhkan. Nah, berbicara mengenai jenis layar smartphone memang cukup menarik, mana yang lebih bagus dan apa saja kekurangannya. Maka dari itu kali ini kita akan mengenal berbagai layar smartphone yang banyak digunakan.

Mengenal Jenis Layar Smartphone

1. TFT

Jenis layar TFT alias Thin-Film Transistor merupakan salah satu layar LCD yang datar, dimana tiap pikselnya dikontrol oleh satu hingga empat transistor. Jenis layar TFT juga bisa disebut active-matrix dan memiliki permukaan yang sensitif terhadap permukaan.

Layar TFT ini biasanya sangat umum ditemukan di smartphone low-end, karena harganya yang relatif murah. Namun kelemahan layar TFT ini adalah mengonsumsi banyak daya baterai sehingga smartphone yang menggunakan layar ini cenderung lebih boros baterai. Selain boros baterai, tampilan layar ini juga sulit dilihat ketika berada di luar ruangan.

2. PLS TFT

Sejak kehadiran Samsung Galaxy M20, cukup banyak yang mempertanyakan kenapa Samsung masih mengusung layar TFT untuk smartphone seharga 2 jutaan. Tapi tunggu dulu, kita akan pahami lebih lanjut apa itu layar PLS TFT yang ada pada Galaxy M20.

PLS TFT (Plane Line Switching TFT) merupakan jenis layar yang dikembangkan oleh Samsung. Panel ini menggunakan metode elektroda yang berada di dalam satu panel sehingga mampu menghasilkan kontras warna yang lebih bagus dan terang. Samsung juga mengklaim jika sudut pandang layar PLS ini lebih baik dari IPS, memiliki brightness 10% lebih baik dari IPS dan konsumsi daya baterai yang lebih hemat.

Saat dibandingkan dengan layar IPS, memang tidak terlihat perbedaan yang mencolok, namun layar PLS tampak lebih cerah dan sudut pandang yang lebih luas. Saat ditekan, layar PLS juga tidak mengalami perubahan warna seperti panel IPS.

Beli Redmi Note 5 Pro

Redmi Note 5 Pro

3. IPS LCD

IPS LCD (in-plane Switching) merupakan jenis layar smartphone yang paling banyak digunakan saat ini, bisa dibilang IPS adalah penerus dari TFT, masalah viewing angles yang terbatas dan konsumsi daya baterai yang boros sedikit sudah teratasi. Namun kelemahannya, layar jenis ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dari TFT.

Beberapa kelebihan layar IPS adalah, color gamut yang baik, tampilan warna yang lebih natural, kecerahan layar yang baik ketika di bawah sinar matahari langsung dan ketajaman yang cukup terbilang baik.

4. OLED

OLED (Organic Light Emiting Diode) adalah pengembangan dari layar LCD dengan kekontrasan yang lebih baik dari IPS. Keunggulan layar OLED yaitu memiliki pancaran warna yang mendekati natural, selain itu layar ini juga memiliki tingkat responsif yang sangat baik pada layar sentuh.

Layar OLED cukup baik ketika digunakan di luar ruangan, namun dalam hal produksi, harga jenis layar ini lebih mahal. Jadi tidak heran jika layar OLED banyak ditemukan pada jajaran smartphone kelas menengah.

5. Retina Display

Penggunaan nama Retina Display adalah istilah pemasaran yang dikembangkan oleh Apple yang merujuk kepada layar pada perangkat smartphone atau monitor yang memiliki resolusi dan kepadatan tinggi, sekitar 300 pixel per inch atau lebih. Retina Display ini pertama kali muncul di iPhone 4S pada tahun 2011 dengan mengusung resolusi 960 x 640 piksel dan jumlah piksel 326 ppi.

Memiliki kualitas warna yang natural, jernih, dan tajam, membuat semua itu harus terbayarkan dengan konsumsi daya baterai yang tinggi. Istilah layar Retina Display juga hanya bisa kita temukan pada jajaran produk Apple.

Apakah iPhone 6s Plus Masih Layak di Tahun 2019

iPhone 6s Plus (Digital Trends)

6. IGZO

Jenis layar IGZO diperkenalkan oleh SHARP yang pertama kali hadir pada sebuah TV dengan lebar 27 inci dan mendukung resolusi 8K. TV ini memiliki refresh rate 120 Hz dan mendukung HDR, tentu saja dengan kecerahan yang luar biasa. IGZO merupakan singkatan dari Indium, Gallium dan Zinc Oxide.

Layar tipe IGZO memiliki kelebihan pada konsumsi daya baterai yang lebih rendah, detil gambar yang lebih akurat dan memiliki resolusi super tajam dibandingkan layar IPS.

7. AMOLED

AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) adalah pengembangan layar OLED yang mampu menghasilkan warna lebih terang, jelas dan tetap hemat baterai. Layar AMOLED juga tampil lebih ramping sehingga jajaran smartphone yang menggunakannya memiliki ukuran yang tipis. Di bawah terik sinar matahari, kemampuan layar AMOLED patut diacungi jempol.

Layar AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang tipis. Biaya produksi untuk jenis layar AMOLED ini cukup terbilang mahal, maka tidak heran jika jenis layar ini cukup banyak digunakan smartphone kelas menengah.

8. Super AMOLED

Super AMOLED merupakan pengembangan dari layar AMOLED besutan Samsung yang memiliki ukuran lebih tipis dan penambahan sensor guna menghasilkan sentuhan yang sensitif pada touchscreen. Sebagai penyempurnaan dari layar AMOLED, layar ini menghasilkan gambar yang lebih cerah. Jadi wajar saja jika jenis layar ini biasa kita temukan pada jajaran smartphone flagship.

9. Dynamic AMOLED

Samsung Galaxy S10 Plus hadir dengan segudang fitur yang menjanjikan, salah satunya yang menyedot perhatian adalah panel layar Dynamic AMOLED yang tentu saja membuat kita bertanya-tanya mengenai kehebatan apa yang dihadirkan jenis layar terbaru ini.

Layar Dynamic AMOLED mampu memiliki kecerahan 1.200 nits, nits merupakan satuan banyaknya cahaya pada sebuah layar, semakin banyak jumlah cahaya, maka semakin cerah layar suatu perangkat. Kejernihan layar ini bisa dibilang layaknya televisi, pasalnya, Dynamic AMOLED mengusung gamut color yang luas, yaitu range warna DCI-P3, sehingga warna yang dihasilkannya sangat nyata.

Bisa dibilang jenis layar smartphone ini sangat akurat dalam menampilkan warna, realistis, dan yang terbaik saat ini.

Itulah berbagai jenis layar smartphone yang saat ini banyak digunakan, semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi bahan refrensi untuk kalian semua.

Refrensi: Berbagai Sumber

Deka Mulyana
An Introvert person, web designer & technology enthusiast, very happy to write for various knowledge.

LG Q70 Resmi Hadir dengan Triple Kamera dan NFC

Previous article

Lenovo Tab M7 dan Tab M8, Duo Tablet Murah Meriah

Next article

You may also like

Comments

Leave a Reply