Hardware & AppsNews

Jangan Pakai VPN Gratisan! Bisa Terkena Malware?

Epiclopedia.ID – Kejadian demo 22 Mei membuat dampak yang cukup luas, salah satunya adalah pembatasan akses media sosial dan layanan perpesanan, seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Hal ini membuat banyak masyarakat yang menggunakan VPN gratisan (Virtual Private Network) untuk dapat mengakses situs-situs tersebut secara penuh.

Namun, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, tidak menyarankan masyarakat menggunakan VPN gratisan karena banyak dampak bahaya. Seperti terkesposnya data-data, bahkan yang paling buruknya adalah bisa terkena Malware, sebagaimana dirangkum dari CNBC Indonesia.

Rudiantara mengatakan jika yang dilakukan pemerintah saat ini bukan menutup sarana komunikasi, tetapi melakukan pembatasan. Masyarakat masih bisa mengirim pesan, namun seperti yang kita alami, konten berupa foto atau video tidak akan bisa dibuka.

Rudiantara juga menambahkan jika pembatasan ini efektif untuk menekan hoaks dan penyebaran konten negatif. Namun, sepertinya masyarakat juga sudah terlanjur banyak menggunakan VPN agar bisa mengakses media sosial yang dibatasi.

Sampai kapan pembatasan ini dilakukan? pemulihan media sosial dan layanan pesan WhatsApp masih harus menunggu suasana kondusif. Sehingga dalam beberapa hari ke depan, pengguna tidak akan bisa melihat foto dan video, hal ini dianggap untuk keamanan nasional.

Sumber

Dinda Tyanika Sari

I'am a communication student and very happy to write to share knowledge, especially in the field of technology.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Jangan Pakai Adblock!

Matiin Adblock nya dong bro... hehe :)