GadgetNews

iPhone 12 Kantungi TKDN, Kapan Resmi Dijual di Indonesia?

Setelah mendapatkan Izin dari Kominfo, iPhone 12 dipastikan segera masuk Indonesia

Epiclopedia.ID – Kehadiran iPhone 12 di Indonesia tampaknya akan segera terealisasikan dalam waktu dekat ini setelah resmi mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kemenprin, iPhone seri terbaru ini sudah mendapatkan izin dari Kemkominfo.

Sebagai informasi, selain mendapatkan kadar TKDN 30 persen untuk perangkat 4G, perangkat smartphone yang beredar di Indonesia juga wajib memiliki sertifikasi dari Ditjen Sumber Daya, Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kemenkominfo, perihal frekuensi radio yang digunakan.

Kini semua seri iPhone terbaru tersebut sudah tercantum dalam daftar Sirani, total ada empat sertifikat, antara lain iPhone 12 (nomor model A2403), iPhone 12 Pro (A2407), iPhone 12 Pro Max (A2411), dan iPhone 12 Mini (A2399). Sertifikat tersebut di ajukan oleh distributor resmi produk-produk Apple di Indonesia, yakni Erafone dan Digimap.

Lolosnya uji sertifikasi dari Kominfo menandakan iPhone 12 series akan segera dijual di Indonesia dalam wakru dekat ini. Jika melihat seri iPhone terdahulu, biasanya iPhone terbaru dijual di Indonesia dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan setelah mengantongi TKDN.

Sebagai contoh iPhone 11 yang mendapatkan TKDN pada bulan September 2019, ponsel tersebut bisa dibeli secara resmi pada 6 Desember 2019. Jadi kemungkinan besar iPhone 12 yang baru mendapatkan TKDN pada akhir Oktober lalu, bakal bisa dipesan pada bulan Januari 2021 mendatang.

Berapa harga iPhone 12 di Indonesia?

Sejauh ini belum ada informasi resmi mengenai harga iPhone 12 di Indonesia, namun kita bisa menerka kisaran harganya dengan membandingkan iPhone 11 di Indonesia dan Singapura. Saat pertama hadir di Singapura, iPhone 11 varian 64 GB dihargai 1.149 dollar Singapura (sekitar Rp 11,8 juta). Sedangkan saat resmi masuk Indonesia dibanderol Rp13 juta.

Sementara iPhone 12, menurut pantauan dari Situs Apple Singapura, harganya dibanderol mulai dari 1.299 dollar Singapura atau sekitar Rp 14 juta. Bisa dipastikan harga iPhone 12 ketika masuk ke Indonesia akan lebih mahal dari harga tersebut.

Deka Mulyana

An Introvert person, cat lover, UI/UX Designer & technology enthusiast

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button

Jangan Pakai Adblock!

Matiin Adblock nya dong bro... hehe :)