Bedanya Pengertian SEO dan SEM untuk Promosi Bisnis Online

0
103
Pengertian SEO Dan SEM untuk Promosi Bisnis Online

Jika saat ini Anda bergelut di dunia bisnis online pastinya tidak asing dengan istilah SEO dan SEM. Istilah SEO lebih sering disebut dibandingkan dengan SEM padahal keduanya sama-sama memiliki hubungan yang dekat dengan teknik promosi dengan memanfaatkan mesin pencari atau search engine.

Mesin pencari yang paling populer saat ini adalah Google, tetapi selain Google ada juga mesin pencari lainnya seperti misalnya Bing, Yahoo, dan jika Anda memiliki bisnis di Korea Selatan maka mesin pencari yang terkenal di sana adalah Naver dan Weibo untuk Cina.

Meski sama-sama berhubungan dekat dengan promosi melalui mesin pencari, SEO dan SEM memiliki ruang lingkup yang berbeda. Berikut adalah pengertian SEO dan SEM yang bisa membantu Anda untuk lebih paham mengenai dunia promosi bisnis online.

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Pembahasan pengertian SEO dan SEM yang pertama adalah mengenai SEO. Apa itu SEO? SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang memiliki arti proses optimasi yang dilakukan terhadap elemen-elemen sebuah situs termasuk kontennya, kecepatan aksesnya, pemilihan domain dan hosting dan sebagainya. Tujuannya adalah halaman situs Anda memiliki ranking yang bagus pada halaman hasil pencarian. Makin tinggi ranking sebuah situs makin banyak traffic yang akan masuk ke dalam website Anda dan menjadi langkah pertama bagi para pebisnis online untuk menjalankan strategi pemasarannya.

Google bekerja dengan prinsip memberikan hasil pencarian dari halaman-halaman yang sekiranya bisa memberikan informasi yang relevan sesuai dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna Google. Dengan demikian, halaman-halaman situs yang berada di peringkat atas atau masuk ke halaman pertama hasil pencarian adalah halaman-halaman yang sudah teroptimasi menggunakan teknik SEO dan dianggap bisa menyajikan informasi yang berkualitas tinggi, nyaman dibaca oleh pengunjung, dan memiliki keunggulan-keunggulan teknis lainnya yang termasuk dalam teknik SEO salah satunya yaitu website Anda memiliki Site Audit yang telah teroptimasi dengan baik.

 

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

SEM atau biasa dikenal dengan Search Engine Marketing adalah kegiatan promosi atau pemasaran dengan cara meningkatkan penemuan pada situs website yang Anda gunakan untuk bisnis Anda agar bisa masuk pada halaman hasil pencarian.

SEM adalah pemasangan iklan model PPC atau biasa dikenal sebagai pay per click yang di mana biaya iklan yang dipasang oleh pengguna harus ditanggung pebisnis sesuai dengan jumlah klik yang diterima. PPC adalah cara cepat untuk mendapatkan paid traffic yang tinggi, sedangkan SEO membutuhkan waktu dan proses yang lebih lama untuk masuk ke halaman pertama mesin pencarian, namun SEO sendiri bersifat jangka panjang bila Anda melakukan pengoptimasian yang optimal pada website Anda. Berbeda dengan PPC atau Google Ads, yang dimana bila biaya Anda sudah habis, maka Anda harus memberhentikan iklan Anda terlebih dahulu.

SEM bisa dilakukan bila Anda mendaftar di Google Ads untuk mengiklankan landing page situs Anda agar page tersebut bisa ditampilkan di hasil pencarian dengan peringkat yang paling tinggi. Google Ads bertujuan untuk meningkatkan traffic terutama pada bagian khusus paid traffic serta untuk memasarkan produk Anda secara luas agar bisa meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

Kesimpulan

Bila Anda masih ragu untuk melakukan teknik SEO secara pribadi kepada website Anda, Anda bisa mencari Konsultan SEO atau Jasa SEO yang profesional yang bisa membantu Anda untuk mengoptimasi website yang Anda miliki secara optimal.

Disatu sisi, Anda harus bisa mengelola website Anda dengan baik, terutama ketika Anda menggunakan teknik SEO/SEM untuk website Anda. Anda harus mulai mempelajari perbedaan antara penggunaan teknik SEO secara white-hat, jangan sampai Anda menggunakan teknik black-hat untuk penggunaan SEO.

Agar Anda tidak salah pilih, Google sendiri menginformasikan bahwa Anda perlu memilih jasa SEO yang tepat untuk pengoptimasian pada website Anda.

Berbeda dengan SEM, Anda harus terlebih dahulu memikirkan bagaimana membuat landing page yang menarik pada website Anda agar bisa menarik perhatian pengunjung website Anda sehingga bisa mendapatkan conversion, mengatur dan mengelola budget Anda untuk pemasangan iklan serta penggunaan copywriting yang menarik pengguna pada saat website Anda muncul pada halaman mesin pencarian.

Sebenarnya Anda bisa menggunakan SEO atau SEM secara bersamaan sebagai salah satu cara promosi untuk memasarkan bisnis Anda di mesin pencarian, hanya saja Anda perlu bisa mengoptimasikannya dengan baik. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here