Opinion

Apakah Masih Layak Beli Xiaomi Redmi Note 5?

0
Beli Redmi Note 5 Pro
Redmi Note 5 Pro

Epiclopedia.ID – Tahun 2018 lalu, Xiaomi meluncurkan Redmi Note 5 yang cukup menyita perhatian saya, dan benar saja, smartphone ini cukup powerfull di beberapa sektor, khususnya untuk rentan smartphone seharga Rp2 jutaan. Seiring perkembangannya dan semakin banyak smartphone murah berkualitas, apakah beli Xiaomi Redmi Note 5 masih layak saat ini?

Performa masih terbilang cukup mumpuni

Mengusung chipset Snapdragon 636, Redmi Note 5 menghasilkan skor AnTuTu 113 ribuan, chipset ini membawa CPU octa-core 1.8 GHz dan memiliki fabrikasi 14 nm. Perpaduan RAM 3 GB atau 4 GB semakin mendobrak performanya, untuk memainkan game seperti AOV, Mobile Legend dan beberapa game ringan lainnya masih terbilang lancar.

Tetapi untuk memainkan game PUBG, tampaknya kita harus puas dengan settingan grafik medium saja, itu pun terkadang masih terasa lag. Tetapi untuk pemakaian normal, Redmi Note 5 masih cukup mumpuni.

Redmi Note 5 Pro

Redmi Note 5 Pro

Desainnya mungkin sudah “agak ketinggalan”

Saya tidak bilang secara langsung jika Xiaomi Redmi Note 5 memiliki tampilan desain yang jadul, namun jika dibandingkan dengan jajaran smartphone saat ini, mungkin sudah “agak tertinggal”. Karena seperti yang kita tahu, hampir semua smartphone dari segmen entry-level hingga high-end sudah mengusung poni alias notch.

Bahkan saat ini para vendor sudah berlomba-lomba membersihkan layar dari notch, mulai dari menggunakan sistem kamera pop-up, slider, flip kamera, hingga punch-hole. Redmi Note 5 masih mengusung aspek rasio layar 18:9 dengan bezel bagian atas dan bawah yang masih cukup tebal, tapi bukan berarti desainnya jadul ya.

Dukungan update software terjamin

Redmi Note 5 Pro

Redmi Note 5 Pro

Menariknya, Xiaomi tidak pelit memberikan dukungan update software untuk beberapa smartphone lawasnya, termasuk Redmi Note 5 ini. Hingga tulisan ini dibuat, ponsel ini mendapatkan upgrade hingga MIUI 10.3.1 berbasiskan Android 9 Pie.

Jepretan kamera masih bisa diandalkan

Salah satu yang cukup saya kagumi dari Redmi Note 5 adalah kualitas kameranya. Mengusung dual kamera 12 MP + 5 MP, hasil jepretannya cukup mengagumkan untuk ukuran smartphone di kelasnya saat itu, mungkin saat ini sudah banyak saingan, bahkan Xiaomi sendiri sudah merilis Redmi Note 7 dengan kemampuan kamera 48 MP.

Kamera depannya beresolusi 20 MP yang dibekali LED flash untuk membantu pencahayaan ketika berselfie ditempat yang minim cahaya. Tapi kualitasnya mungkin perlu saya bilang “standar” seperti kebanyakan kamera selfie smartphone 2 jutaan lainnya.

Daya tahan baterai cukup memuaskan

Beli Redmi Note 5 Pro

Redmi Note 5 Pro

Satu hal lagi yang cukup saya suka dari Redmi Note 5 adalah kapasitas baterai 4.000 mAh yang bisa bertahan seharian dalam pemakaian normal. Belum mengusung teknologi fast charging, sehingga pengisian dayanya mungkin agak meyita waktu, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi daya dari benar-benar habis hingga terisi penuh 100%.

Harga semakin murah

Yap, tentu saja, beli Xiaomi Redmi Note 5 saat ini sudah semakin murah, saat ini harganya hanya berkisar diangka Rp1.8 jutaan saja. Harga yang cukup bersaing karena Redmi Note 5 harus bertarung dengan Realme 3, Galaxy M10, Galaxy A10, bahkan dengan saudaranya sendiri, Redmi 7.

Kesimpulannya, beli Xiaomi Redmi Note 5 saat ini mungkin belum terlalu tertinggal, karena dari segi performa dan beberapa sektor masih sangat bisa diandalkan. Namun saat ini mungkin sudah banyak pilihan smartphone baru direntan harga yang sama dan menawarkan spesifikasi yang lebih.

Deka Mulyana
An Introvert person, web designer & technology enthusiast, very happy to write for various knowledge.

Segera Masuk Indonesia, ini Spesifikasi vivo Z1 Pro

Previous article

Ponsel BM Mulai Diblokir Februari 2020 Mendatang

Next article

You may also like

Comments

Leave a Reply

More in Opinion