Penjelasan Medis Warna Air Kencing Pada Kondisi Kesehatan

0
164

Epiclopedia.id – Seperti yang kita ketahui, bahwa tubuh manusia menghasilkan dua jenis kotoran, yakni urine dan feses. Urine atau air kencing adalah limbah yang terbentuk dalam ginjal melalui proses penyaringan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, sementara zat yang dibutuhkan oleh tubuh akan mengalir dalam darah, proses ini lah yang disebut dengan reabsorption.

Terkadang saat kita buang air kecil pasti memiliki warna yang berbeda-beda, warna bening dan agak kekuningan yang lebih familiar kita jumpai. Hal ini dikarenakan zat-zat bermanfaat seperti sel darah merah, protein dan zat lainnya diekskresikan melalui urin, namun warna air kencing yang beda dari biasanya bukanlah hal yang wajar.

Oleh karena itu, kamu harus tahu mengenai arti dan penjelasan medis warna air kencing, berikut ini adalah penjelasannya.

penjelasan medis warna air kencing,arti warna air kencing,kencing darah
Penjelasan Medis Warna Air Kencing

1. Warna Bening

Warna air kencing yang bening menandakan bahwa tubuh kamu terhidrasi dengan sangat baik alias cukup dengan cairan. Namun dalam beberapa kasus hal ini malah menandakan bahwa kamu terlalu banyak minum atau kelebihan cairan dan berpotensi keracunan air.

Kondisi ini disebut dengan over-hidrasi, meminum air lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh dapat membahayakan tubuh, meskipun tidak akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius, namun diusahakan jangan meminum air hingga melebihi kebutuhan normal tubuh kita.

2. Warna Coklat

Urine dengan warna coklat menandakan masalah kesehatan tertentu, salah satunya adalah orang dengan penyakit liver bisa memiliki urine dengan warna coklat. Jika organ hati tidak berfungsi dengan baik, garam empedu yang seharusnya terbuang bersama feses malah ikut larut dalam air kencing.

Penyakit pada liver juga bisa berupa hepatitis yang menyebabkan warna urine menjadi gelap sehingga harus segera banyak minu air agar terhidrasi dan mendapat penanganan medis tentunya.

3. Warna Kuning Pucat

Warna urine kuning pucat atau lebih tepatnya seperti madu juga merupakan urine yang sehat pada umumnya, namun jika warna kuning gelap disertai bau yang menyengat, berarti kamu kurang minum air putih, segeralah minum air putih secukupnya.

4. Warna Kemerahan

Warna merah pada urine adalah darah ikut yang larut dalam urine, kondisi kesehatan ini disebut juga hematuria. Beberapa penyebab air seni berwarna merah adalah, batu ginjal, infeksi saluran kemih, kanker prostat atau kanker kandung kemih.

Namun penyebab lain juga bisa dikarena kandungan zat dari makanan yang kita konsumsi, blackberry dan rhubarb adalah contoh makanan yang bisa menyebabkan air kencing berwarna merah. Namun jika wana merah tersebut bukan karena disebabkan makanan, memerika kondisi kesehatan kepada dokter adalah pilihan yang harus segera dilakukan.

5. Warna Biru

Ternyata ada juga air kencing dengan warna biru, ada kondisi langka yang disebut dengan porfiria yang menyebabkan urine bewarna biru atau ungu. Namun penyebab lainnya yaitu akibat dari konsumsi makanan atau obat-obatan yang mengandung warna tertentu.

6. Berbusa

Air kencing juga bisa berbusa yang disebabkan oleh kandungan protein juga dapat disebabkan karena gangguan ginjal atau kandungan empedu dan tentunya membutuhka pemeriksaan dokter lebih lanjut.

7. Warna Hijau

Urine yang berwarna hijau juga bisa disebabkan karena infeksi saluan kemih atau jamur, namun juga bisa disebabkan oleh makanan atau obat-obatan, seperti antibiotik yang mengandung pewarna sangat kuat sehinga tidak dapat diserap oleh usus dan akhirnya terbuang melalui air kencing.

8. Warna putih seperti susu

Air kencing berwarna putih disebabkan oleh adanya sel darah putih dalam urine atau darah mikroskopis. Hal ini juga bisa disebabkan oleh infeksi kandung kemih, batu ginjal atau infeksi saluran. Beberapa penyakit seksual sepert gonore juga bisa menjadi penyebabnya.

Nah jadi itulah beberapa penjelasan medis warna air kencing pada kesehatan, sekarang kamu sudah tahukan, yang terpenting adalah harus tetap terhidrasi alias minum air putih yang cukup.

Refrensi : halosehat.com